Sabtu, 23 Oktober 2010

BAROQUE ERA

Baroque Era (1600-1760)

Era Baroque adalah suatu istilah yang menggambarkan gaya atau periode musik Eropa antara tahun 1600 dan 1760. Istilah baroque ini berasal dari kata Portugis yang berarti "mutiara yang berbentuk tidak wajar". Kata baroque awalnya digunakan untuk menyiratkan keanehan, kelainan dan pemborosan. Namun, pada abad ke-20 istilah ini digunakan dalam suatu periode sejarah musik.

Pada era ini, Piano belum ditemukan dan komposisi dikarang untuk hapsicord. Partitur musik di era Barok ditandai dengan tidak adanya iringan atau polifoni. Karya Johann Sebastian Bach untuk hapsicord lazim mempunyai dua melodi atau lebih untuk tangan kanan dan tangan kiri.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, musik Baroque dilihat sebagai hiasan mewah yang bertekstur dan intens. Hal ini ditandai dengan penggunaan basso continuo dan keyakinan akan kasih. Ajaran kasih ini diperbolehkan oleh komposer untuk mengekspresikan emosi dan perasaan dalam komposisi mereka. Karakteristik lain yang membedakan era Baroque dengan musik Renaissance Akhir adalah penekanan akan kontras volume, tekstur, dan kecepatan dalam musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar